1.126 Jemaah Haji 2024 Meninggal Dunia Akibat Panas Ekstrim

Jakarta, sinarindonesia.id– Seribu 126 jemaah haji tahun 2024, dilaporkan meninggal dunia, saat menjalani ibadah di tanah suci Makkah.

Pejabat senior Arab Saudi, mengatakan hal itu diketahui setelah berbagai negara melaporkan jumlah kematian yang mayoritas sebabkan suhu panas tinggi.

Dikutip dari media AFP, pejabat senior Arab Saudi menyebutkan adanya kesalahan penilaian dari masyarakat yang tidak menyadari risoko cuaca saat ini.

“Negara tidak gagal, tapia da kesalahan penilaian dari masyarakat yang menyadari risokonya,” kata Pejabat Arab Saudi, kepada AFP, dikutip Sabtu (22 Juni 2024).

Dari perhitungan AFP, pada Jum’at (21 Juni 2024) sesuai pernyataan resmi dan laporan diplomat, menyebutkan bahwa jumlah korban meninggal dunia mencapai 1.126 jemaah.

Dari jumlah tersebut, lebih dari separuh diantaranya berasal dari Mesir.

Selain itu, Pejabat Arab Saudi juga mengatakan bahwa pemerintah Saudi telah mengkonfirmasi 577 kematian dalam dua hari tersebuk haji.

Jemaah saat ini tidak kuat menahan panasnya cuaca saat berkumpul dan melaksanakan ubadah sholat di bawah teriknya matahari di Gunung Arafah, pada Sabtu (15 Juni 2024).

“Hal itu terhadi di tengah kondisi cuaca buruk dan suhu panas ekstrim,” ujar Pejabat Arab Saudi tersebut, kepada AFP.

Diketahui, bahwa 1,8 juta Jemaah haji tahun ini, ikut ambil bagian melaksanakan ibadah di tanah suci Makkah.

Sementara 1,6 juta Jemaah diantaranya datang dari luar negeri. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *