139 Anggota Perguruan Silat ditangkap Polisi Buntut Pengerorokan

Daerah, Headline, Kriminal158 Dilihat

Surabaya, sinarindonesia.id– 139 orang anggota perguruan pencak silat asal Surabaya, Jawa Timur, dikabarkan ditangkap polisi. Mereka diamankan petugas, terkait isu kerusuhan buntut dari peristiwa pengeroyokan di Jalan Tunjungan di hari sebelumnya.

“Penangkapan terjadi saat aparat kepolisian melakukan patroli dan penyekatan mengantisipasi serangan balasan,” kata Kasi Humas Polrestabes Surabaya, AKP Haryoko Widhi, kepada awak media, Selasa (16 Januari 2024).

Dijelaskannya, sejak terjadinya peristiwa pengeroyokan di Jalan Tunjungan, Surabaya, pihaknya rutin melakukan patrol. Bahkan sejumlah titik lokasi yang terindikasi rawan dilakukan penyekatan.

“Patroli gabungan melakukan penyekatan disejumlah titik termasuk di batas Kota Surabaya, guna mengantisipasi konvoi kelompok perguruan silat,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan penyekatan itu, polisi menemukan 139 pemuda tengah berkumpul di lapangan AURI, Jalan Banyuurip. Ratusan orang itu mengaku berasal dari salah satu perguruan silat di Surabaya.

“Atas pengakuan itu, petugas langsung mengambil sikap dan mengamankan mereka,” lanjutnya.

Saat ini, sebanyak 139 anggota silat tersebut telah dibawa ke Mapolresta Sidoarjo, termasuk 66 Unit sepeda motor yang digunakan.

“Mereka kini tengah dimintai keterangan terkait rencana konvoi tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, peristiwa pengeroyokan saat itu terjadi ketika segerombolan pemuda berpakaian serba hitam tengah memukuli seseorang, di Jalan Tunjungan Surabaya.

Gerombolan itu merupakan anggota perguruan silat yang tengah melakukan konvoi. Aparat kepolisian menduga pengeroyokan menyasar korbannya secara acak. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *