43 Orang Warga Keracunan Gas Pabrik Kertas

Karawang, sinarindonesia.id- Puluhan warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dikabarkan keracunan Gas dan harus dilarikan ke Rumah Sakit. Mereka mendadak mual dan pusing usai mencium bau asem yang disebut menyengat.

“Saat itu tiba-tiba mual, pusing, habis nyium bau asem nyengat banget,” kata Anik, salah seorang korban, kepada awak media, Sabtu (20 Janjuari 2024) malam.

Dijelaskannya, dalam kondisi itu ia sempat berteriak, namum apa daya karena badan sudah tua, Anik akhirnya tak sadarkan diri.

“Apa yang terjadi setelah itu ngak tau, soalnya gak inget apa-apa langsung gelap habis teriak dan gak sadarkan diri,” lanjutnya.

Berdasarkan keterangan banyak warga disekitar lokasi pabrik kertas milik PT Pindo Deli itu, saat ini ada pipa (Caustic Soda) yang mengalami kebocoran hingga mengeluarkan bau tak sedap.

Bupati Karawang Aep Syaepuloh, dikonfirmasi mengatakan pihaknya tengah berupaya mensterilisasi lokasi dan mengutamakan evakuasi warga terdampak keracunan.

“Keracunan diduga dari PT Pindo Deli, masyarakat mencium bau, setelah diteliti bahwa itu ada kebocoran pipa caustic soda milik PT Pindo Deli,” kata Aep, kepada awak media.

Saat ini, pihaknya bersama TNI-Polri dan BPBD, sudah melakukan upaya mitigasi, dan evakuasi warga terdampak keracunan gas tersebut.

Sesuai pendataan yang dilakukan petugas, sedikitnya 43 orang warga baik dewasa maupun anak-anak yang saat ini harus menjalani perawatan intensif di tiga Rumah Sakit di Kabupaten Karawang.

“Mereka dirawat di RS Mandaya, RS Bayukarta, dan RS Rosela. Data sementara ada sekitar 43 warga anak dan dewasa yang dirawat akibat keracunan gas. Untuk total semua belum tau karena jumlahnya terus bertambah,” pungkasnya.

Kasus ini, kini ditangani Polres Karawang. Sejumlah warga dan pegawai PT Pindi Deli diperiksa penyidik. (Red)

By: @did