49 Orang Warga Jadi Korban Penipuan Umroh Menggunakan Nama Agen Ternama

Daerah, Headline, Kriminal148 Dilihat

Malang, sinarindonesia.id– 49 orang warga di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dikabarkan menjadi korban penipuan ibadah umroh menggunakan dua nama Perusahaan yakni PT HJS dan PT UHK. Mereka yang sudah terlanjur menyetorkan uang, merugi dengan total keseluruhan mencapai Rp1,9 miliar.

“Para korban penipuan tersebut, mengalami kerugian akibat tidak diberangkatkan ibadah umroh sesuai dengan yang dijanjikan pelaku,” kata Kasat Reskrim Polres Malang AKP Gandha Syah Hidayat, kepada awak media.

Dijelaskannya, para korban dijanjikan akan diberangkatkan via Surabaya, Kuala Lumpur, Jeddah, Mekkah dan Madinah. Namun kenyataannya mereka menjadi korban penipuan.

“Mereka memesan sejumlah paket umroh yang ditawarkan pelaku melalui PT HJS dan PT UHK,” ungkap Kasat.

Atas laporan korban, polisi dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, akhirnya menangkap pelaku berinisual A, di tempat persembunyiannya di Jawa Timur.

“Kami mengamankan tersangka A. Ia melancarkan aksinya melalui Kerjasama dengan agen umrah berinisial IWN, yang merupakan pelapor,” ucapnya.

Kepada polisi, tersangka mengaku dari total 49 jamaah umroh tersebut. sebanyak 42 orang mengambil paket dengan harga Rp18,5 juta, dua orang mengambil paket dengan harga Rp19,5 juta dan lima lainnya mengambil paket seharga Rp24,5 juta, untuk 11 hari perjalanan.

Sebagian dari korban sempat diberangkatkan, namun hanya sebatas Negara Malaysia.

“Para korban juga dijanjikan untuk berangkat ibadah umroh dengan rute yang dimaksud. Namun, pada kenyataannya, pada jamaah tersebut hanya diberangkatkan hingga Kuala Lumpur, Malaysia,” beber Kasat Reskrim.

Atas perbuatannya, tersangka warga Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur dijerat dengan Pasal 378 KUHP Tentang Penipuan dan Pasal 372 Tentang Penggelapan KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *