5 Tahun Praktek Status Dokter Gadungan Baru Terungkap

Bekasi, sinarindonesia.id– Kedok seorang Dokter gadungan yang sempat membuka praktek selama lima tahun di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akhirnya terkuak. Ungkap kasus itu diselediki petugas, setelah penyidik menerima laporan dari masyarakat.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Twedi Aditya Bennyahdi, saat dikonfirmasi membenarkan pengungkapan kasus tersebut.

“Benar, pelaku bernama ITB atau Ingwy Tito Banyu. Pelaku bukan dokter tapi mendirikan klinik,” kata Aditya, kepada media, Selasa (19 Maret 2024).

Dalam penyelidikannya, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi, AKBP Gogo Galesung, mengatakan kasus itu terungkap setelah pihak kepolisian mendapatkan laporan adanya dokter gadungan yang membuka praktik.

“Dari informasi itu, kami bergerak dan melakukan observasi terkait adanya aduan masyarakat tersebut di sekitar TKP. Dengan cara menginterogasi masyarakat sekitar,” kata Gogo, kepada media.

Dari lokasi penggerebekan, penyidik mengamankan pelaku Ingwy Tito Banyu bersama barang bukti berupa tiga potong baju dokter, satu unit stetoskop, daftar pasien berobat, dan resep dokter.

“Kami mengamankan dokter yang tidak memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Izin Praktik) yang lengkap, yang berinisial ITB (Ingwy Tito Banyu),” ungkapnya.

Kepastian atas identitas pelaku itu terkuak setelah penyidik mengecek STR dan SIP pelaku ke Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi. Setelah dicek, betul pelaku merupakan dokter gadungan.

“Dari Dinas Kabupaten Bekasi tidak ditemukan STR atas nama saudara Dr Ingwy Tito Banyu dan SIP. Untuk Klinik Pratama Keluarga Sehat tidak mempunyai izin resmi dari Dinas Kesehatan melalui perizinan terpadu Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

“Dari hasil penyidikan ditemukan nama asli dari pelaku adalah Sunaryanto kelahiran 23 Januari 1985 dan bukan Dr Ingwy Tito Banyu,” jelasnya.

Diketahui, Klinik Pratama Keluarga Sehat tersebut sudah berdiri selama lima tahun terhitung sejak tahun 2019. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *