79 Orang Tewas Dalam Gencatan Senjata KKB Papua Sepanjang Tahun 2023

Daerah, Headline, Kriminal273 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Dua puluh orang Prajurit TNI dan Tiga orang anggota Polri, dikabarkan telah menjadi korban gencatan senjata yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di tanah Papua. Selain aparat keamanan, dalam gencatan senjata terjadi disepanjang tahun 2023 juga menewaskan 37 orang masyarakat sipil dan 19 orang anggota KKB.

“Kami mencatat ada 79 orang tewas akibat gencatan senjata dengan KKB di berbagai wilayah di Tanah Papua,” kata Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani, kepada awak media, Rabu (20 Desember 2023).

Dijelaskannya, ke 79 orang yang tewas disepanjang tahun 2023 itu terjadi akibat gencatan senjata dan penganiaayaan oleh KKB di wilayah kerja Satgas Damai Cartenz.

Dibeberkannya, para korban terdiri dari 20 prajurit TNI, 3 anggota Polri, 37 orang masyarakat sipil dan 19 orang anggota KKB.

Dikatakannya, untuk korban luka-luka tercatat 84 orang yang terdiri dari 24 orang prajurit TNI, 7 anggota Polri, 50 orang masyarakat dan 3 orang anggota KKB.

Sementara keseluruhan korban, baik yang gugur maupun yang mengalami luka-luka berasal dari 20 kontak tembak, dua kasus penyerangan pos, 19 bunyi tembakan, 39 penembakan, 16 penganiayaan berat, lima kasus penganiayaan biasa, lima kasus pembunuhan, 32 pembakaran dan 52 gangguan lainnya.

Untuk proses penegakkan hukum yang dilakukan petugas terhadap KKB, mengakibatkan 19 KKB tewas dan berhasil menyita 32 pucuk senjata api, 1.279 butir amunisi, 25 Unit magasin, 107 alat komunikasi, 31 bilah senjata tajam, 334 barang lainnya seperti atribut, bendera dan lainnya.

Saat petugas diketahui telah berhasil menduduki/menguasai sebanyak 42 titik markas KKB.

Adapun proses hukum terhadap KKB dilakukan kepada 7 orang tersangka, dengan uraian dua orang sudah tahap II (Agus Kosay, Benius Murib) dan lima orang masih proses sidik (Person Murib, Aris Wenda dan lainnya). (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *