90 Persen Nikel di Indonesia dikuasi Negara Lain Termasuk China

Headline, Nasional74 Dilihat

Depok, sinarindonesia.id– Sumber daya alam Indonesia, khususnya nikel, disebut Wakil Presiden Ke-10 dan ke-12 Indonesia, dikuasai Negara lain termasuk China. Hal itu mengharuskan Indonesia bersikap percaya diri dan berjuang dalam penguasaan teknologi.

“Soalnya kita selalu tidak percaya diri, bicara nikel, 90% nikel ini dikuasai China karena mereka selalu menganggap teknologi adalah mereka. Sementara kita seakan-akan tidak bisa menguasai teknologi,” katanya Jusuf Kalla (JK) di Universitas Indonesia, Senin (27 November 2023).

Dijelaskannya, Indonesia jelas memiliki sumber daya alam melimpah dan bersaing dengan banyak negara lain. Indonesia pun mampu mengelola teknologi, namun tidak diberikan kesempatan maupun peluang.

Indonesia diperkirakan akan mengoperasikan 116 smelter (fasilitas pengolahan hasil tambang yang berfungsi meningkatkan kandungan logam) dibeberapa tahun mendatang. Jumlah tersebut termasuk smelter yang sudah beroperasi, dalam masa konstruksi dan direncanakan akan dibangun.

“Kehadiran perusahaan itu membuktikan bahwa semua bisa dilaksanakan dengan teknologi dan kita bisa menguasai teknologi tersebut,” ungkap JK.

Diakui JK, Indonesia hingga kini hanya bisa melihat kemajuan selama masih punya pengaruh politik dan penguasaan teknologi.

“Sekaya apapun negeri ini, selama tidak menguasai teknologi, maka kita akan dijajah oleh negara penguasa teknologi dan kemampuan modal serta percaya diri,” tegasnya. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *