972 Jemaah Calon Haji Gagal Diberangkatkan

Daerah, Headline63 Dilihat

Medan, sinarindonesia.id– Ratusan Jemaah calon haji di Medan, Sumatera Utara, dikabarkan gagal berangkat ke tanah suci mekkah.

Mereka gagal diberangkatkan karena terdeteksi mengalami berbagai macam penyakut, hingga dinyatakan tidak lolos Istitha’ah (Syarat haji).

Kasi Jemaah Disabilitas bagian dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Tahun 1445 H/ 2024 M, dr Nora Nasution, mengatakan ada sebanyak 972 jemaah calon haji yang gagal diberangkatkan.

“Para Jemaah calon haji itu tidak masuk kloter karena tidak lolos Istitha’ah (Syarat haji),” kata Nora, kepada media, dikutip Selasa (14 Mei 2024).

Dijelaskannya, penyakit yang paling banyak diderita jemaah calon haji yang gagal berangkat itu adalah hipertensi yang juga merupakan faktor risiko penyakit jantung, stroke dan penyakit Diabetes Melitus (DM).

“Salah satu syarat keberangkatan jemaah calon haji harus melalui tahapan pemeriksaan kesehatan yang cukup banyak. Ini tujuannya agar para jemaah ke tanah suci bisa melaksanakan ibadahnya dengan baik,” ungkapnya.

Dalam ketentuannya, kata Nora, ada 4 pemeriksaan yang dilakukan, diantaranya Medical Check-Up (MCU), pemeriksaan kognitif, pemeriksaan kesehatan mental dan ada juga kemandirian.

“Jika ke-4 pemeriksaan itu lolos dan dinyatakan memenuhi syarat istitha’ah baru boleh berangkat dengan syarat ada pemeriksaan tambahan di Embarkasi yang menentukan laik atau tidak laik terbang,” pungkasnya.

Ditegaskan Nora, bahwa semua penyakit akan diperiksa karena kalau tekanan darah (TD) di atas 180 tidak akan bisa berangkat dan harus dilakukan evaluasi terlebih dahulu. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *