Airlangga: Presiden Jokowi Sukses Membangun 173 Proyek Strategi Nasional

Headline, Nasional148 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, selama 8 Tahun kepemimpinannya, Presiden Joko Widodo sukses membangun 173 proyek strategis nasional (PSN) dengan nilai investasi mencapai Rp 1.442,3 triliun. PSN itu termasuk Pembangunan infrastruktur dasar, bendungan, bandara, jalan tol dan lain sebagainya.

“Kita perlu mempertahankan momentum ini dan melanjutkan PSN,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada media di Jakarta.

Dijelaskannya, proyek infrastruktur yang telah terealisasi akan berdampak signifikan terutama dalam menciptakan konektivitas kuat, sehingga mampu mengalirkan perekonomian dari pusat ke daerah.

“Pemerintah bertekad untuk mempercepat pembangunan berbagai PSN. Percepatan ini memerlukan investasi yang tidak sedikit dan tidak dapat bergantung hanya pada APBN atau APBD saja,” katanya.

Ditambahkannya, pemerintah telah menyusun rancangan peraturan skema pembiayaan non APBN seperti Hak Pengelolaan Terbatas (Limited Concession Scheme) dan Land Value Capture dalam menyongsong investasi infrastruktur masa depan.

“Saat ini sedang berproses menyusun kajian tentang dampak ekonomi yang dihasilkan oleh pembangunan infrastruktur PSN serta pengaruhnya terhadap kemandirian di berbagai daerah,” ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, pemerintah ke depannya akan fokus pada pengembangan infrastruktur digital. Potensi ekonomi digital ASEAN diperkirakan memiliki nilai US$ 330 miliar pada 2025 dan akan meningkat hingga US$1 triliun pada 2030, di mana sepertiganya berasal dari Indonesia. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *