Anak Gagal Nyaleg, Kades Korupsi Bantuan Keuangan Desa

Daerah, Headline, Kriminal139 Dilihat

Tulungagung, sinarindonesia.id– Kepala Desa (Kades) Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Andhi Mutojo, dikabarkan ditahan Kejaksaan Negeri Tulungagung atas dugaan korupsi Bantuan Keuangan (BK).

Uang tersebut digunakan tersangka untuk kepentingan pribadi, karena terlilit utang setelah anaknya gagal mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten setempat.

“Jadi Kades tersebut telah menggelapkan keuangan desa sebesar Rp 175 juta,” kata Kasi Pidana Khusus Kejari Tulungagung Beni Agus Setiawan, kepada media, Selasa (7 Mei 2024).

Dijelaskannya, terungkapnya kasus tersebut setelah adanya laporan bahwa Bantuan Keuangan (BK) dari Pemkab Tulungagung tahun 2021 untuk Desa Rejotangan disalahgunakan tersangka.

“Uang yang seharusnya digunakan untuk perbaikan jalan di Dusun Kates, Desa Rejotangan, malah dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi,” ungkapnya.

Bahkan, penggunaan uang tersebut dikabarkan tidak pernah dilaporkan dalam rapat pemerintahan Desa.

Terpisah, penasihat Hukum tersangka, Pujihandi mengatakan kasus dugaan korupsi tersebut berawal saat Andhi berniat membantu anaknya yang terlilit utang usai gagal mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

“Pencalonan jadi DPRD itu pada tahun 2019. Anak klien kami nyaleg tapi gagal, lalu ada tanggungan utang yang cukup besar,” kata Pujihandi, kepada media, Selasa (7 Mei 2024).

Karena adanya bantuan keuangan itu, menjadi kesempatan tersangka untuk menggunakan uang itu untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Atas dasar itu tersangka nekad memanfaatkan anggaran bantuan itu sepenuhnya untuk kepentingan pribadi tanpa menunaikan keharusannya,” ungkap Puji.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Andhi Mutojo langsung ditahan Kejaksaan Negeri di Lapas Kelas II B Tulungagung. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *