Anies Apresiasi Kinerja Polri dalam Kasus Ancaman Penembakan Dirinya

Jakarta, sinarindonesia.id– Keberhasilan Polri dalam mengungkap dan menangkap pemilik akun TikTok @calonistri17600 yang mengancam akan menembak calon presiden nomor urut 1, diapresiasi Anies Baswedan. Pihaknya berterima kasih atas gerak cepat Polri dalam menangani persoalan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Kapolri dan institusi Polri. Semoga pemilu ini dapat berjalan dengan kondusif dan damai,” kata Anies dalam keterangan tertulis, kepada awak media, Sabtu (13 Januari 2024).

Dalam pandangannya, Anies menilai ancaman terhadap nyawa dan menggunakan kekerasan fisik itu jelas berada di luar batas kebebasan berpendapat dan bisa menganggu kebebasan berpendapat itu sendiri.

Sehingga, kata Anies, upaya yang dilakukan kepolisian justru merupakan salah satu langkah dalam melindungi kebebasan berpendapat.

“Hal ini penting, sebab perlindungan terhadap kebebasan berpendapat berlaku untuk semua dan terhadap semua. Bukan hanya terhadap capres atau pejabat publik, tapi untuk seluruh rakyat,” ungkapnya.

Dengan ditangkapnya pelaku, Anies meminta agar tindakan terhadap pelaku selain sesuai ketentuan hukum juga memenuhi prinsip keadilan dan proporsionalitas.

“Semoga terhadap pelaku masih bisa dilakukan pembinaan dan disadarkan bahwa apa yang ditulisnya itu bisa berbahaya dan mengirim pesan yang salah kepada publik luas,” sarannya.

Diketahui, pelaku yang diamankan polisi adalah seorang pria berinisial AW (23) ditangkap di Jember, Jawa Timur, pada pukul 09.30 WIB, pagi tadi. Pelaku diamankan oleh tim gabungan Direktorat Siber Bareskrim Polri dan Subdit Siber Polda Jawa Timur. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *