Anwar Usman Gugat Suhartoyo Untuk Bisa Kembali Menjabat Ketua MK

Jakarta, sinarindonesia.id– Gugatan yang dilayangkan Hakim Konstitusi Anwar Usman terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, didasarkan keinginan untuk kembali menjabat Ketua MK. Mahkamah Konstitusi sendiri, hanya berharap perkara di PTUN diputus dengan tetap menjaga independensi dan profesional.

“Kami sudah mengetahui isi gugatan tersebut dan telah membahasnya,” kata Hakim MK sekaligus Juru Bicara lembaga itu, Enny Nurbaningsih, kepada media, Rabu (31 Januari 2024).

Dijelaskannya, untuk menghadapi perkara tersebut pihaknya sudah menunjuk kuasa hukum agar hakim MK khususnya Ketua bisa fokus pada perkata putusan PUU agar tidak tertunda.

“Kami sudah menunjuk kuasa hukum agar hakim MK khususnya Ketua bisa fokus memutus perkara PUU agar tidak tertunda atau terhenti karena dimulainya sidang perkara PHPU, kecuali untuk PUU yang lanjut ke sidang pleno,” ungkapnya.

Selain itu, Enny juga berharap agar perkara PTUN yang menjadi gugatan Anwar Usman diputuskan dengan tetap menjaga independensi dan profesional.

“Kami juga berharap perkara di PTUN diputus dengan tetap menjaga independensi dan imparsialitas sebagaimana prinsip dalam penyelenggaraan kekuasaan kehakiman dalam UU 48/2009,” harapnya.

Dalam gugatannya, Anwar meminta pengangkatan Hakim Konstitusi Suhartoyo sebagai Ketua MK yang baru dibatalkan. Anwar juga ingin kembali menduduki jabatan Ketua MK. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *