Asyik!! Petugas KPPS dapat BPJS Ketenagakerjaan

Jakarta, sinarindonesia.id– Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dinyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berhak mendapatkan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu sesuai instruksi Presiden RI nomor 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Dalam instruksi itu dijelaskan, bahwa sejumlah menteri hingga kepala daerah diminta memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada sejumlah kelompok.

“Sesuai Instruksi Presiden, bahwa pemerintah akan memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan. Salah stu jenis ketenagakerjaan yang diinstruksikan itu disebutkan di dalamnya adalah penyelenggara pemilu,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari di Jakarta, Kamis (21 Desember 2023).

Dijelaskannya, dari instruksi Presiden tersebut KPPS pastinya berhak mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan. Sementara, pembiayaan iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk KPPS itu dibebankan kepada pemerintah daerah dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Benar, KPPS berhak dapat BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Diakui Hasyim, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk memastikan para kepala daerah mengupayakan anggaran untuk menjalankan instruksi tersebut.

“Belum semua siap, namun semua daerah pastinya on progress karena kesiapan anggarannya akan disesuaikan kemampuan daerah masing-masing,” pungkasnya. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *