Badan Geologi Selidiki Penyebab Gempa Beruntun Kabupaten Sumedang

Headline, Nasional526 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Keretakan tanah dan kerusakan akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dikabarkan menjadi perhatian serius Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Pihaknya akan menyelidiki serta mengumpulkan informasi terkait indikasi keretakan tanah dari arah timur laut hingga barat daya.

“Penyelidikan awal menunjukkan, indikasi keretakan tanah berarah timur laut hingga barat daya. Kawasan terdampak merupakan kawasan dengan kedalaman muka air tanah 1,5 hingga 3 Meter dari permukaan,” demikian keterangan resmi Badan Geologi yang dikutip di Jakarta, Selasa (2 Januari 2024).

Diketahui, Pada 31 Desember 2023 Kabupaten Sumedang diguncang gempa beruntun sebanyak tiga kali dengan kekuatan 4,1 magnitudo, kemudian 3,4 magnitudo, dan 4,8 magnitudo.

Sehari berselang tepatnya pada 1 Januari 2024, gempa kembali mengguncang wilayah tersebut dengan kekuatan 4,5 magnitudo. Gempa bumi beruntun tersebut menyebabkan sekitar 400 rumah rusak dan sekitar 500 orang mengungsi.

Badan Geologi mengeluarkan kesimpulan sementara bahwa dampak kerusakan tidak bersifat masif pada sarana dan prasarana publik di Kabupaten Sumedang dan informasi beberapa kerusakan ringan rumah di pemukiman Babakan Hurip. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *