Banjir dan Longsor Menimpa Warga Lima Puluh Kota

Sumatera Barat, sinarindonesia.id– Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam dua hari terakhir, mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor. Air dikabarkan merendam empat Kecamatan, sementara longsor memutuskan akses jalan.

“Hujan deras dalam dua hari terakhir, mengakibatkan luapan sungai di beberapa wilayah dan longsor di Kabupaten Lima Puluh Kota,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota Rahmadinol, dikutip Selasa (19 Desember 2023).

Dijelaskannya, bencana banjir itu terjadi di empat kecamatan yakni Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kecamatan Harau, Kecamatan Gunuang Omeh, dan Kecamatan Mungka.

Sementara banjir terparah, terjadi di Kecamatan Pangkalan Koto Baru tepatnya di Nagari Gunuang Malintang Jorong Lubuak Omeh, hingga menutup jalan Pangkalan – Kapur IX.

Selain bencana banjir bandang, sejumlah titik lokasi juga dikabarkan tertimbun longsor. Bencana itu terjadi di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan kondisi menutupi ruas jalan Tungka-Situmbuak Nagari Tungkar, Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan ruas jalan Nagari Ladang Laweh.

Hingga kini, tim gabungan bersama BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota masih melakukan proses evakuasi dan membantu aktivitas warga untuk berlindung ke tempat yang lebih aman. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *