Benang Kusut Kelangkaan BBM Solar di SPBU Jalinsum dan Ruas Tol Bakter

Daerah, Headline494 Dilihat

Lampung, sinarindonesia.id– Kosongnya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di hampir seluruh SPBU di Jalan Lintas Sumatera dan Ruas Tol Trans Sumatera, seakan tidak ada yang bertanggung jawab. Pertamina sebagai pihak yang menyalurkan minyak ke SPBU, lagi-lagi berdalih telah bekerja dengan baik serta menjamin pasokan BBM untuk masyarakat.

“Kami telah melakukan pemantauan kebutuhan masyarakat, dan memang saat ini terjadi peningkatan aktivitas dan kepadatan di beberapa lembaga penyalur, namun Pertamina memastikan tidak ada kendala dalam pendistribusian BBM ke SPBU,” kata Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, kepada media, Kamis (16 November 2023).

Dalam mendistribusikan BBM Subsidi ke masyarakat, Pertamina dengan ketat melakukan pengawasan dan selalu menginstruksikan kepada lembaga penyalur untuk mendistribusikan BBM subsidi sesuai dengan aturan. Belakangan, Pertamina telah memberikan sanksi kepada lembaga penyalur yang melakukan pelanggaran.

Kenyataan di SPBU

Diberitakan sebelumnya, antrian Panjang kendaraan truk fuso maupun lainnya terjadi di banyak SPBU di Lampung termasuk di Kawasan Rest Area Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). Bahkan sebagian pengemudi angkutan barang dari luar Lampung, harus bermalam di SPBU meski sempat antri, namun tidak kebagian Bahan Bakar kendarannya.

“Udah antri Panjang dan memakan waktu lama, namun tidak kebagian BBM,” kata Ujang pengemudi truk fuso asal Sumatera Selatan.

Yang lebih memprihatinkan, sejumlah pengemudi truk maupun fuso memilih masuk ke Ruas Tol Trans Sumatera dengan harapan bisa mendapatkan BBM bersubsidi di Kawasan Rest Area. Namun, usaha yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Hampir seluruh SPBU di Rest Area Jalan tanpa hamabatan itu, tidak tersedia BBM jenis solar.

“Saya dapat informasi tidak hanya di rest area tol saja, di semua SPBU yg ada di Lampung minim ketersediaan solar, saat ini lagi cross chek dengan Pertamina Retail yg mengelola SPBU tersebut,” kata Direktur PT Bakauheni – Terbanggi Besar (BTB) Toll Road, I Wayan Mandia, melalui pesan WhatsApp, Kamis (16 November 2023).

Dijelaskannya, pada situasi minimnya pasokan solar di SPBU seharusnya pengguna Jalan Tol beralih ke Pertamina Dex atau Dexlite.

“Saat ini Sedang proses pengiriman, setiap hari ada, jika habis artinya proses pengiriman sedang berlangsung, namun produk subsitusinya tersedia seperti pertamina dex dan dexlite pak,” katanya.

Seruan pengelola Tol tersebut, mendapat cibiran dari sejumlah pengemudi angkutan barang.

“Enak kalau sekedar ngomong mas, masa kami pengemudi angkutan barang harus beralih ke Pertamina Dex atau Dexlite, yang benar aja dong,” kata Irwan pengemudi truk asal Palembang, Sumatera Selatan, saat dimintai keterangan di SPBU Rest Area KM 20 Tol Bakter, Jum’at (17 November 2023).

Ditambahkan Irwan, untuk saat ini yang dibutuhkan para pengemudi angkutan barang adalah ketersediaan BBM jenis solar.

Pengakuan Petugas SPBU    

Salah seorang petugas SPBU di Ruas Tol Bakter yang Namanya tidak disebutkan, mengatakan bagaimana kesiapan Bahan Bakar Minyak (BBM) solar dapat terpenihi dengan baik, jika pengiriman hanya satu kali dalam sehari.

“Ngak mungkin cukup mas, kami hanya dikirim satu Tangki sehari,” katanya sambil meminta untuk tidak menyebutkan Namanya, Jum’at (17 November 2023) malam.

Dijelaskannya, disituasi saat ini ditengah langkanya BBM solar di SPBU Jalan Lintas Sumatera, tidak menutup kemungkinan SPBU di Ruas Tol menjadi solusi pengisian. Para pengemudi berprasangka, Tol yang berbayar pastinya lengkap dengan fasilitasnya termasuk ketersediaan BBM. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *