Berkedok Santunan Yatim Piatu Emak Pelaku Gendam ditangkap Polisi

Daerah, Headline, Kriminal310 Dilihat

Gresik, sinarindonesia.id– Penipuan menggunakan metode hipnotis atau Gendam yang sempat meresahkan warga diwilayah hukum Gresik, dikabarkan berhasil dibongkar polisi. Pelaku yang diamankan, tidak disangka ternyata seorang Ibu Rumah Tangga berusia 53 tahun.

Pelaku yang dikenal dengan panggilan emak warga Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya itu diamankan Tim Resmob Satreskrim Polres Gresik di di Terminal Bunder Kabupaten Gresik.

“Tersangka diamakan petugas saat mendapati pelaku turun dari bus dan hendak menuju tukang ojek,” kata Kasatreskrim Polres Gresik AKP Aldhino Prima Wirdhan kepada awak media.

Dijelaskannya, pelaku Bernama Dewi Sukmawati alias Emak. Dalam aksinya ia berpura-pura melakukan kegiatan sosial santunan anak yatim piatu. Disaat pelaku berhasil mendapati korbannya, langsung melakukan aksi Gendam. Pada saat korban tak sadarkan diri di rumahnya, pelaku beraksi menjarah barang berharga miliknya.

Selama melancarkan tindak kejahatan itu, dibeberkan Prima, pelaku memanfaatkan jasa oknum tukang ojek untuk antar jemput sesuai perjanjian.

“Agar aksi gendamnya berjalan mulus, pelaku menyewa oknum tukang ojek pangkalan untuk mengantarnya dirinya ke rumah korban yang ditargetkan,” ungkap Prima.

Dari informasi tersebut, kepolisian langsung bertindak mengintrogasi oknum tukang ojek yang mengantarkan tersangka. Tidak berselang lama, pelaku berhasil dibekuk dan mengaku nekad melancarkan aksi kejahatan tersebut lantaran keterbelakangan ekonomi keluarga.

Dari hasil penyelidikan, terdapat 11 laporan korban penipuan di wilayah hukum Gresik yang dilakukan tersangka. Diantaranya di Kecamatan Driyorejo, Menganti, Duduksampeyan, Cerme, Balongpanggang, dan Gresik Kota.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 372 jo 378 KUHP, dengan hukuman 4 tahun penjara. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *