Billboard SPBU Tampilkan Teks Berjalan ‘All in Prabowo-Gibran 02’

Daerah, Headline, Politik95 Dilihat

Lombok Tengah, sinarindonesia.id– Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menampilkan teks berjalan ‘All in Prabowo-Gibran 02’ viral di media sosial. Teks berjalan itu, muncul saat masa tenang Pemilu 2024.

Dalam rekaman video yang dilihat sinarindonesia.id, tulisan berjalan itu tepat berada di sisi kanan tulisan Pertamax 92 yang seharusnya berisi informasi harga per liter.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu NTB Umar Achmad, saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah mendatangi SPBU tersebut.

“Kami sudah membuat laporan tulisan terkait dugaan kampanye di hari tenang melalui SPBU Batukliang untuk dilakukan pengkajian di Sentra Gakumdu Bawaslu,” kata Umar, kepada media Selasa (13 Februari 2024).

Ditegaskan Umar, temuan ini akan ditindaklanjuti sesuai aturan terkait Larangan kampanye di masa tenang. Ketentuan itu termaktub dalam Pasal 1 ayat 36 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Karena itu, masa tenang tidak bisa digunakan untuk aktivitas kampanye,” lanjutnya.

Setelah melalui penyelidikan di Gakkumdu, pihaknya akan memanggil pemilik SPBU untuk diklarifikasi.

“Aktivitas itu masuk pada Pasal 523 ayat 2 (UU Pemilu) pada masa tenang. Jika terbukti maka sanksinya pidana pemilu, sanksinya empat tahun pidana penjara ditambah Rp 48 juta sebagai dendanya,” tegasnya.

Sesuai keterangan dari sejumlah karyawan SPBU, kata Umar, tulisan berjalan dengan mencantumkan nama capres dan cawapres nomor 02 adalah kebijakan pusat. Informasi itu didapat saat pihaknya mendatangi SPBU tersebut.

“Pengakuan sejumlah karyawan itu menjadi pintu masuk untuk melanjutkan masalah ini ke Sentra Gakkumdu,” pungkasnya. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *