BMKG Siapkan 16 Ton Garam Untuk Mengendalikan Hujan di IKN

Headline, Nasional52 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiapkan 16 Ton garam untuk disemai di langit Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai pengendalian potensi hujan berintensitas lebat di wilayah tersebut.

Hal itu disiapkan sebagai langkah antisipasi, dimana daerah Kalimantan Timur diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ketebalan antara 200-300 milimeter/bulan.

Sementara saat ini, pengerjaan Pembangunan sejumlah proyek strategis terutama Bandara dan jalan Tol, harus cepat diselesaikan.

“Kami mencoba mengendalikan dengan penyemaian garam atau zat NaCl dalam rangkaian Operasi Modifikasi Cuaca (OMC), dengan harapan hujan tidak menghambat proses Pembangunan,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, kepada media, dikutip Jum’at (21 Juni 2024).

Dijelaskannya, sejauh ini pelaksanaan OMC sudah dilakukan sepuluh sorti penerbangan yang menyemai garam tersebut ke gumpalan awan penghujan dengan total 21 jam 25 menit penerbangan.

“Penerbangan menggunakan pesawat Casa 212-400 dengan registrasi A-2114 milik Skadron 4 TNI AU,” terangnya.

Adapun target utama penyemaian adalah daerah yang berpotensi hujan dan area Pembangunan infrastruktur penunjang IKN.

“Untuk pemilihan wilayah penyemaian diprioritaskan pada daerah upwind atau arah datangnya angin masa udara yang meliputi wilayah Selat Makassar, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser,” ungkapnya.

Strategi itu diterapkan, sebagai langkah dan tujuan supaya awan hujan tidak masuk ke daerah target yaitu area dilaksanakannya kegiatan pembangunan.

Diharapkan, OMC yang dilakukan juga berdampak positif terhadap masyarakat luas. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *