BNPB: Waspada Guguran Lava dan Awan Panas Gunung Merapi

Jakarta, sinarindonesia.id– Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat Kabupaten Magelang, untuk waspada akan bahaya guguran lava Gunung Merapi. Aktivitas gunung tersebut, saat ini cukup tinggi dan aktif hingga berpotensi mengeluarkan semburan awan panas.

“Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa erupsi efusif. Keadaan ini berpotensi menghasilkan guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya serta sektor tenggara,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari kepada media di Jakarta, Sabtu (9 Desember 2023).

Dijelaskannya, Gunung Merapi sebelumnya sempat mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) pada Jumat (8 Desember 2023) siang.

Kejadian tersebut bersamaan dengan turunnya hujan sehingga mengakibatkan hujan air berwarna kecokelatan di wilayah Desa Krinjing dan Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

“Hujan air bercampur dengan abu vulkanik ini juga melanda Desa Stabelan, Desa Klakah, dan Desa Tlogolele di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali,” tutur Abdul Muhari.

Hasil pengamatan aktivitas Gunung Merapi pada 1-7 Desember 2023, terpantau enam kali terjadi awan panas guguran. Sementara itu, guguran lava teramati sebanyak 192 kali. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *