Calon Tunggal Panglima TNI Jalani Fit and Proper Test hari ini

Headline, Nasional233 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto, akan memulai perjalanannya menuju kursi Panglima TNI dengan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan hari ini Senin (13 November 2023). Proses itu bakal dijalankan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pukul 10.00 WIB.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengungkapkan, uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI bakal berjalan terbuka dan tertutup.

“Dimulai pagi dengan penyampaian visi misi kurang lebih 30 menit dilakukan secara terbuka,” ujar Meutya kepada media.

Dijelaskannya, proses pendalaman visi misi kemungkinan bakal dilakukan secara tertutup jika ada hal-hal yang bersifat rahasia. “Tapi dibuka dulu di awal untuk diketahui publik semua apa visi misi dari calon panglima,” tambah Meutya.

Agus Subiyanto merupakan Calon tunggal yang ditunjuk Jokowi untuk menjadi Panglima TNI yang akan menggantikan posisi Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. Sebelumnya, penunjukan Agus dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mengirimkan Surat Presiden (Surpres) ke DPR RI. Informasi itu disampaikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani pada 31 Oktober 2023.

“Nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD,” kata Puan.

Diketahui, karier Agus sendiri dianggap cukup pesat. Pasalnya, penunjukannya menjadi calon Panglima TNI dilakukan setelah ia dilantik menjadi KSAD pada 25 Oktober 2023. Setelah pelantikan itu, Agus mengaku mendapatkan pesan khusus dari Jokowi untuk menjaga kondusivitas pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Bapak Presiden menyampaikan untuk membuat kondusif di semua wilayah,” kata Agus dalam keterangannya seusai dilantik sebagai KSAD di Istana Negara, Jakarta pada 25 Oktober 2023.

Agus Subiyanto, jika menjadi Panglima TNI secara tidak langsung dihadapkan dengan  banyak pihak yang mempertanyakan netraltias TNI menghadapi Pemilu 2024. Pasalnya, Agus merupakan salah satu figur yang dianggap dekat dengan Jokowi. Ia pernah menjabat sebagai Komandan Distrik Militer 0735/Surakarta ketika Jokowi menjabat sebagai wali kota Solo. (red)

By: Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *