Covid 19 di Negara Tetangga Melonjak Warga diminta Tidak Panik

Jakarta, sinarindonesia.id– Komisi IX DPR RI meminta masyarakat tidak panik atas lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Singapura. Mereka menekankan kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Dibutuhkan kewaspadaan, karena pandemi secara darurat yang sudah berakhir, bukan berarti sudah tidak ada,” kata Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo, dikutip dari laman Parlementaria, Rabu (6 Desember 2023).

Dijelaskannya, berkaca dari lonjakan kasus di Thailand maupun di Singapura patut ditingkatkan kewaspadaan. Masyarkat, menurut Rahmad harus memasang kuda-kuda jangan serta-merta bahwa Covid-19 sudah tidak ada.

“Meski demikian, kita enggak perlu panik apa yang sudah terjadi di negara tetangga bisa jadi analisa yang di negara tersebut adalah karena mungkin mengalami penurunan setelah terjadi dysfunction immune,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini mendorong pemerintah untuk meningkatkan surveilans (praktik epidemiologi yang memantau penyebaran penyakit). Agar nantinya pemerintah memiliki data yang kuat untuk memprediksi, mengamati dan meminimalisasi wabah, epidemi dan pandemi.

“Pemerintah kita dorong untuk meningkatkan surveilans. Dengan meningkatkan surveilans itu kita punya data yang kuat,” Tutupnya. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *