Covid 19 Melonjak Masyarakat diminta Vaksin Ulang

Bandung, sinarindonesia.id– Pemerintah Provinsi Jawa Barat, meminta warganya untuk melakukan vaksinasi ulang, seiring terjadinya peningkatan kasus Covid 19. Dinas Kesehatan setempat mencatat kasus terkonfirmasi kini mencapai 87 kasus dari 27 Kabupaten/ Kota.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran, bagi mereka yang imunisasi Covid 19 dan lebih dari enam bulan, sebaiknya diulang untuk vaksinasi, tinggal datang ke puskesmas, vaksinnya masih gratis,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, kepada awak media.

Selain ditujukan kepada masyarakat khususnya bagi mereka yang telah melewati jangka waktu enam bulan dari vaksinasi terakhir, untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus, khususnya di Jawa Barat, Bey juga meminta masyarakat untuk kembali menerapkan protokol Kesehatan.

“Pertama kita ingatkan kembali masyarakat untuk menjaga prokes (5M). Selain itu, bagi masyarakat yang merasa tidak enak badan sebaiknya menggunakan masker,” ucap Bey.

Terkait dengan fasilitas kesehatan di Jawa Barat, Bey memastikan telah siap melakukan penanganan jika Covid 19 meningkat.

“Seluruh rumah sakit, puskesmas sudah siap, tapi kita minta masyarakat juga prokes dijalankan,” tegasnya.

Diketahui, Kementerian Kesehatan RI melaporkan kasus harian Covid 19 di Indonesia bertambah 35 hingga 40 kasus per 6 Desember 2023, dengan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tercatat 60 sampai 131 orang.

Situasi itu memicu peningkatan tingkat keterisian rumah sakit saat ini 0,06 persen dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5, EG2 dan EG5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid 19 di Eropa dan Amerika Serikat. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *