Desa Nawakote Dilanda Hujan Abu Letusan Gunung Lewotobi

Flores Timur, sinarindonesia.id– Desa Nawokote, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dikabarkan dilanda hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Lewotobi Laki-laki.

Erupsi itu terjadi sekitar pukul 07.31 Wita dengan ketinggian kolom abu teramati sekitar 700 Meter di atas puncak atau sekitar 2.284 meter di atas permukaan laut.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef Mboro, mengatakan peristiwa itu terjadi dengan durasi 7 Menit 40 detik.

“Sesuai rekaman, erupsi gunung tersebut seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 7 menit 40 detik,” kata Herman, dalam keterangannya, Minggu (2 Juni 2024).

Dijelaskannya, kolom abu saat kejadian teramati berwarna putih kelabu dengan intensitas tebal condong kea rah barat.

Atas peristiwa itu, Herman menyerukan kepada masyarakat yang berdomisili di sisi barat daya untuk selalu menggunakan masker dan pelindung mata.

“Masyarakat yang tinggal di sisi barat daya, diminta menggunakan masker dan pelindung mata, karena sedang terjadi hujan abu,” ungkapnya.

Hujan abu terparah, kata Herman menimpa pemukiman warga di Dusun Podor, Desa Nawokote, Kabupaten Flores Timur.

Selain menyerukan penggunaan masker dan pelindung mata, msyarakat maupun pengunjung diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 2 Kilometer.

Adapun daerah yang menjadi perhatian adalah dari pusat erupsi serta sektoral 3 Kilometer dari arah utara timur laut dan 5 Kilometer  dari sektor timur laut. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *