Diguyur Hujan Deras Kecamatan Rajabasa Tergenang Banjir

Daerah53 Dilihat
Bandar Lampung, sinarindonesia.id-Tingginya curah hujan mengakibatkan banjir di sejumlah kelurahan di Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung sejak Sabtu dini hari, 10 Februari 2024 sekira pukul 03.00 WIB.

Air setinggi 0,5 hingga 1,5 meter melanda sejumlah permukiman warga di Kelurahan Rajabasa, Perumahan Gelora Persada Kelurahan Rajabasa Raya, Gang Toyib dan Gang Hamid, hingga Kelurahan Rajabasa Induk.

Selain permukiman, air juga merendam area persawahan di Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa. Bahkan banjir juga menggenangi jalan perbatasan antara Bandar Lampung dan Lampung Selatan, di Dusun Sindangliwa, Kelurahan Sidosari.

“Air mulai meluap sejak pukul 03.00 WIB. Hujan gak berhenti, ketinggian air terus meningkat kepala orang dewasa. sampe sekarang banyak rumah-rumah masih tergenang,” kata Andi, warga Rajabasa, minggu 11 Februari 2024 pagi.

Menurutnya, warga sempat kaget karena banjir datang pada dini hari saat orang sedang tertidur pulas. Warga panik karena banyak barang-barang di rumah tak terselamatkan. “Gak ada yang selamat barang-barang,” katanya.

Camat Rajabasa Hendry Satria Jaya mengatakan, banjir berada di Kelurahan Rajabasa Nunyai, Rajabasa, dan Rajabasa Raya. Penyebab dari banjir ini karena curah hujan yang tinggi dan tanggul yang jebol.

“Tanggul jebol di gang Hasan sekitar 2 meter,” ujar Hendry Satria Jaya kepada wartawan, Minggu 11 Februari 2024.

Menurut Hendry Satria Jaya, Dinas PU Kota Bandar Lampung telah turun ke lokasi untuk menangani tanggul tersebut. Dan saat ini genangan air di Kecamatan Rajabasa sudah mulai surut. “Sekarang sudah mulai surut. Yang terdampak lumayan ada yang sampai sedengkul orang dewasa,” Ujarnya.

Hendry Satria Jaya, menjelaskan dalam penanganan banjir ini Camat, Lurah, BPBD, Dinas PU, beserta pamong turun untuk melakukan penanganan. “BPBD, Dinas PU, Camat, Lurah, dan Pamong terutama Linmas turun untuk membantu masyarakat yang terdampak,” urainya.(red) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *