Ditlantas Polda Sumsel Deklarasikan 3 Poin Larangan Penggunaan Knalpot Brong

Daerah, Headline, Kriminal335 Dilihat

Palembang, sinarindonesia.id– Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan (Sumsel), mendeklarasikan larangan penggunaan knalpot Brong, yang belakangan meresahkan masyarakat. Bentuk pengawasan yang diserukan, lebih kepada himbauan dan kepedulian bersama terhadap kepentingan sosial.

“Dalam deklarasi ini kami melibatkan elemen masyarakat dan pemangku kepentingan,” kata Dirlantas Polda Sumatera Selatan, Kombes Pol Pratama, kepada awak media, Jum’at (19 Januari 2024).

Dijelaskannya, setelah dilaksanakannya deklarasi bersama itu, kedepannya polisi akan mengambil Tindakan terhadap para pengguna.

“Saat ini, kami masih melakukan himbauan agar masyarakat tidak merubah knalpot kendaraannya hingga menimbulkan bising di masyarakat,” lanjutnya.

Dalam pelaksanannya, Pratama mengungkapkan ada tiga faktor utama yang memotivasi penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas menggunakan knalpot brong, yang sering kali menyebabkan kebisingan dan mengganggu masyarakat.

“Pertama, penggunaan knalpot brong melanggar Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 56 Tahun 2019 tentang kebisingan kendaraan.

Kedua, kepolisian akan melakukan sosialisasi ke berbagai titik lokasi, termasuk pemilik bengkel atau pengusaha variasi kendaraan untuk tidak menjual dan melayani penggunaan knalpot brong

“Terakhir, ungkap Pratama, pihaknya akan menyoroti dampak sosial dari penggunaan knalpot tersebut,” bebernya.

Dari tiga poin tersebut, Pratama mengajak seluruh masyarakat pengguna jalan untuk berhati-hati, mematuhi peraturan lalu lintas, dan menghindari penggunaan knalpot brong. (Doby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *