DPR: dibutuhkan Antisipasi Lonjakan Covid 19 saat Libur Nataru

Jakarta, sinarindonesia.id– Komisi IX DPR RI, kembali mengingatkan pemerintah untuk mengambil Langkah antisipasi menghindari terjadinya lonjakan Covid 19, selama liburan natal dan tahun baru (Nataru). Kesiapan itu dipandang perlu dimantapkan, mengingat sejak November 2023 di Jakarta sudah terjadi peningkatan kasus Covid-19.

“Data per 3 Desember menyebutkan ada 80 kasus. Ini harus menjadi perhatian serius pemerintah untuk menyiapkan langkah pencegahan. Apalagi sebentar lagi kita menghadapi libur nataru,” kata Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani, dikutip dari parlementaria, Selasa (12 Desember 2023).

Ditegaskannya, untuk saat ini pemerintah perlu mempertimbangkan kembali penggunaan masker di ruang publik dan mengatur kerumunan massa. Diakui Netty, bagaimana kesiapan fasilitas kesehatan untuk mengatasi keadaan darurat? Kita tidak ingin terlambat dalam mengambil langkah antisipasi.

“Segera lakukan kajian apakah penggunaan masker di ruang publik merupakan langkah yang harus diterapkan kembali. Titik lemah pemerintah adalah komunikasi publik ke masyarakat.,” ungkapnya.

Dijelaskannya, segala kebutuhan untuk menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19 harus dalam kondisi prima, baik itu faskes, obat, vaksin, alat deteksi, nakes dan sebagainya.

Selain itu juga perlu ditingkatkan kembali kegiatan testing, pelacakan kontak, dan isolasi untuk memitigasi penyebaran virus,” imbuhnya.

Politisi dari Fraksi PKS itu juga mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan di tengah perubahan cuaca saat ini. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *