DPR RI Fraksi PDIP Usul Pembentukan Mahkamah Pancasila

Jakarta, sinarindonesia.id– Komisi II DPR RI dari Fraksi PDIP, mengusulkan dibentuknya Mahkamah Pancasila.

Usulan itu disampaikan dalam rapat antara Komisi II DPR RI dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Sekretaris Kabinet, Staf Presiden dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Dalam lamunan saya, terbesit jangan-jangan perlu adanya Mahkamah Pancasila. Saya ditertawakan enggak apa, tapi dengan segala hormat saya ingin menyampaikan maksud tersebut,” kata Anggota Komisi II DPR Fraksi PDIP Heru Sudjatmoko, dikutip Rabu (12 Juni 2024).

Dijelaskannya, bahwa Mahkamah Pancasila itu nantinya bisa berfungsi menjaga etika dan perilaku para pejabat. Bentuknya, bukanlah pengadilan seperti MA dan MK.

“Tentu bukan untuk mengadili seperti di Mahkamah Konstitusi atau Mahkamah Agung, tapi paling tidak BPIP bisa mengonsolidasi,” ungkapnya.

Sebagai contoh, kata Heru, para tokoh bijak dikumpulkan untuk kemudian bersama-sama menulis pandangannya soal kebangsaan.

“Jadi kita perlu mengajak seluruh pihak untuk merefleksi diri, apakah perilaku selama ini telah sejalan dengan nilai Pancasila,” ucapnya.

Diketahui, BPIP menanggapi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang melarang salam lintas agama. BPIP menyatakan fatwa MUI tersebut telah mengancam eksistensi Pancasila.

Dari hal itu, beber Heru, perlu kiranya dibentuk Mahkamah Pancasila. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *