DPR RI Hendus Praktik Penyelundupan Gula yang Melibatkan Banyak Pejabat

Daerah, Headline, Kriminal153 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Pengakuan Mantan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto terkait dugaan praktik penyelundupan gula di Riau, mengundang kritikan keras Komisi III DPR RI.

“Jangan ada mafia peradilan yang meringankan praktik tersebut karena kejahatan itu pasti  sudah berlangsung lama,” kata Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat, Santoso kepada media, Selasa (19 Desember 2023).

Dijelaskannya, dengan adanya pengakuan Eko Darmanto yang mengamplifikasi bahwa bukan hanya dirinya yang bermental bejat menggerogoti keuangan negara. Perbuatan itu juga banyak dilakukan oknum-oknum internal bea cukai lainnya.

Dari pernyataan itu Komisi Hukum DPR RI bereaksi keras. Wakil Rakyat itu mendesak institusi penegak hukum mengadili semua pihak yang diduga terlibat dalam praktik ilegal tersebut dan merugikan negara yang pastinya dengan jumlah triliunan rupiah.

“Siapapun yg terlibat baik oknum Bea Cukai, pihak swasta atapun pihak aparatur lainnya termasuk di Kemenkue dan Kemendag jika terlibat harus dihukum berat,” pintanya.

Untuk itu, menurut Santoso pihaknya akan mendalami dan meminta penegak hukum untuk mengungkap dan tidak tebang pilih menangkap semua pelaku kejahatan yg sifatnya sudah sistematis.

Diungkapkannya, praktik penyelundupan gula di Dumai, Riau diduga berasal dari India dan Thailand dan masuk ke wilayah Indonesia setelah terlebih dahulu transit di Singapura. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *