Empat Rumah Terseret Banjir 150 Kepala Keluarga Terdampak

Touna, sinarindonesia.id– Empat desa di dua Kecamatan di Kabupaten Tojo Una-una (Touna), dikabarkan terendam banjir. Empat rumah warga diketahui terbawa derasnya banjir, dengan ketinggian air menutupi bangunan rumah.

“Baru diketahui 4 rumah warga hanyut terbawa banjir,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sulteng Akris Fattah Yunus, kepada awak media, Senin (22 Januari 2024).

Dijelaskannya, peristiwa itu terjadi akibat luapan Sungai Mawomba yang terletak di desa Bahari. Empat desa terdampak bencana tersebut. Diantaranya, Desa Mawomba, Desa Bahari, Tayawa, dan Desa Lemoro.

“Banjir terjadi saat wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi seharian. Akibatnya air sungai meluap hingga merendam pemukiman warga dan jalan,” lanjutnya.

Dari hasil pendataan sementara, BPBD mencatat di Desa Tayawa ada 150 kepala keluarga (KK) terdampak banjir. Sementara di Desa Lemoro pipa PDAM putus.

“Desa Mawomba Jalan Trans Sulawesi terendam banjir. Desa Bahari dalam pendataan,” jelasnya.

Hingga saat ini, pihaknya terus melakukan pendataan mengupdate data dampak banjir di lokasi, termasuk ada tidaknya korban jiwa. Saat ini warga terdampak membutuhkan air bersih.

“Untuk korban jiwa belum diketahui, kebutuhan mendesak adalah air bersih,” pungkasnya.

Selain BPBD, tim gabungan dari pemerintah termasuk TNI-Polri ikut berjibaku membantu proses evakuasi warga yang terdampak. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *