Enam Batang Guardrail Tol Bakter Rusak Ditabrak Truk Fuso Bermuatan Batubara

Daerah, Headline, Peristiwa1321 Dilihat

Lampung Selatan, sinarindonesia.id- Enam Batang Guardrail atau pagar pengaman Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) kilometer 50, rusak ditabrak kendaraan truk fuso bermuatan Batubara. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan Tunggal tersebut, namun pengemudi truk fuso harus membayar ganti rugi atas kerusakan fasilitas tol.

“Kendaraan berjalan di lajur normal, karena Lelah dan mengantuk saya hilang kendali dan akhirnya menabrak Guardrail,” kata pengemudi truk fuso BG 8409 UB, Agus Adi Wijaya, saat dikonfirmasi di lokasi kejadian, Rabu (15 November 2023).

Dijelaskan Agus, ia melintasi Tol Trans Sumatera masuk dari Palembang, Sumatera Selatan tujuan Bakauheni. Batubara yang rencananya dibawa ke Tarahan, Lampung Selatan, harus tertahan di lokasi kejadian hingga kendaraan bantuan di kirim pemilik Perusahaan pemilik muatan, katanya.

“Evakuasi masih lama mas, kami harus menunggu kendaraan bantuan dari Perusahaan pemilik batubara,” ujar Agus.

Karena kerusakan disebabkan faktor kelalaian, pengguna jalan tol sesuai hak dan kewajibannya yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Sementara untuk persoalan ganti rugi kerusakan fasilitas tertera dalam pasal 86 ayat 3, dimana Pengguna jalan tol wajib mengganti kerugian Badan Usaha yang diakibatkan kesalahannya, sebesar nilai kerusakan yang ditimbulkan.

“Soal ganti rugi, nanti mas kami koordinasikan dengan Bos,” jelas Agus.

Hingga berita ini diterbitkan, kendaraan truk fuso yang sudah kosong dengan muatannya itu, untuk sementara ditahan petugas di pintu Gerbang Tol terdekat. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *