Enam TKI Ilegal ditangkap di Perbatasan Indonesia Malaysia

Nunukan, sinarindonesia.id– Enam orang TKI ilegal asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan, ditangkap Satgas Pamtas RI–Malaysia Yonarhanud 08/Marawaca Bhuana Cakti (MBC). Mereka diamankan di Jalan Lintas Provinsi, Desa Sekaduyan Taka, Seimanggaris, Nunukan, Kalimantan Utara.

Dansatgas Pamtas RI–Malaysia Yonarhanud 08/MBC, Letkol Arh Iwan Hermaya, saat dikonfirmasi mengatakan para TKI ini berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan.

“Informasi yang diterima, mereka datang dari arah Malaysia melalui jalur perlintasan illegal di Seimanggaris, perbatasan RI–Malaysia. Mereka kami amankan dan kami lakukan pemeriksaan,” kata Iwan, kepada media, Sabtu (16 Maret 2024).

Dijelaskannya, kedatangan para WNI yang tidak prosedural tersebut, terpantau prajurit Satgas Pamtas Yonarhanud 08/MBC, saat melakukan patroli di Jalan Lintas Provinsi yang juga merupakan titik lokasi rawan kriminalitas.

“Lokasi itu kerap menjadi perlintasan para TKI illegal, baik mereka yang akan menuju Malaysia, ataupun pulang dari Malaysia,” ucapnya.

Terungkapnya keberadaan enam orang TKI ilegal itu, diungkapkan Iwan, setelah petugas mendapat informasi dari warga desa.

“Begitu di cek, benar dan terbukti dengan adanya enam orang tak dikenal mengenakan tas ransel, berjalan dari Malaysia, masuk Indonesia,” ungkapnya.

Dari hasil penyelidikan sementara, WNI tersebut mengaku melarikan diri dari Malaysia dikarenakan tidak ada kecocokan antara pekerjaan dan upah yang dibayarkan.

Usai diminta keterangan, mereka yang diamankan kemudian diserahkan ke BP2MI untuk proses lanjutan. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *