Etnis Rohingya Masuk Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024

Tulungagung, sinarindonesia.id– Sejumlah pengungsi Rohingya asal Myanmar di Tulungagung, Jawa Timur, dikabarkan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Bahkan sebagian diantaranya sempat nyoblos di Pilkada 2018 menggunakan KTP yang didapat secara ilegal.

“Dari salinan dokumen yang dikirimkan Bawaslu Tulungagung, ada pengungsi atas nama Sofi telah memiliki Kartu Keluarga (KK) Indonesia sejak 2006,” kata Sekretaris KPU Tulungagung Muchamad Anam Rifa’I, kepada awak media, dikutip Sabtu (6 Januari 2024).

Dijelaskannya, saat ini KPU sudah melakukan pengecekan data pemilih Pilkada 2018. Sofi ternyata masuk dalam DPT dan tidak dicoret. Karena itulah dia menduga saat itu pun ada kemungkinan pria asal Myanmar itu turut mencoblos.

“Saat itu belum ketahuan kalau WNA, sehingga tidak dilakukan pencoretan. Ada kemungkinan dia ikut mencoblos, tapi kami tidak bisa memastikan apakah dia menggunakan hak pilihnya atau tidak.,” dalihnya.

Informasi yang diperoleh dari petugas Kantor Imigrasi Blitar yang melakukan penyisiran WNA di wilayah Tulungagung, Jawa Timur, Sofi adalah satu sekian banyak etnis Rohingya yang masuk DPT.

“Temuan itu segera diinformasikan ke Bawaslu dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” pungkas Anam. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *