Evakuasi Korban Longsor dan Banjir Terkendala Basarnas Pekanbaru Kirim Bantuan ke Sumbar

Pekanbaru, sinarindonesia.id– Proses evakuasi warga yang terdampak banjir di Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumbar, menjadi pusat perhatian. Basarnas Pekanbaru, Riau, dikabarkan mengirimkan tim ke Provinsi Sumatera Barat untuk membantu proses evakuasi.

“Begitu menerima laporan bencana banjir dan tanah longsor dihadapkan dengan berbagai kendala, kami langsung mengirimkan tim beranggota 13 orang,” kata Kepala Basarnas Pekanbaru Budi Cahyadi, kepada awak media.

Dijelaskannya, sesampainya di lokasi, tim akan berkoordinasi dengan pihak setempat untuk melakukan proses evakuasi.

Tim yang diberangkatkan dibekali peralatan berupa perahu karet, alat navigasi dan alat komunikasi, peralatan pendukung evakuasi korban banjir dan bencana alam lain serta alat pelindung diri bagi petugas.

Diketahui, sejumlah wilayah di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dilanda bencana longsor dan banjir bandang. Longsor yang terjadi, dikabarkan menutup akses jalan lintas Sumatera Barat-Riau.

Disisi Lain, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Minangkabau, menyerukan himbauan kepada warga Sumatera Barat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas tinggi selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Saat ini di wilayah Sumatera termasuk Sumatera Barat, tengah terjadi pola gangguan ekuator yang berdampak pada tingginya intensitas hujan. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *