Firli Bahuri disebut Mantan Penyidik KPK Sebagai Penegak Hukum Pengecut

Jakarta, sinarindonesia.id– Sejumlah pihak termasuk Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menilai pengunduran diri Firli Bahuri, sebagai sosok pemimpin yang tidak berani bertanggung jawab alias pengecut. Mengundurkan diri saat sidang etik berjalan, merupakan langkah menghindari agar nantinya tidak disebut dipecat dari jabatannya sebagai Ketua KPK.

“Firli Bahuri saya katakan bersikap pengecut karena pengunduran diri dilakukan saat persidangan etik sudah berjalan, kalah di sidang praperadilan, dan dipanggil Polda Metro Jaya sebagai tersangka,” Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo kepada awak media, Kamis (21 Desember 2023).

Dijelaskannya, pengunduran diri Firli itu sebagai bentuk dari keputusasaannya karena dirinya kalah dalam praperadilan kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Menurutnya, sebelum ada keputusan Presiden Joko Widodo atas permohonan pengunduran diri itu, Firli tetap komisioner KPK nonaktif. Sidang etik di Dewas KPK harus tetap berjalan.

Ditambahknya, jika persoalan pengunduran diri itu diterima dengan baik, maka kesalahan yang dilakukan seorang penegak hukum, tidak akan menjadi efek jera.

“Yang pasti peristiwa ini harus menjadi pelajaran dan efek jera bagi pimpinan KPK lainnya,” pungkasnya. (Red)

By: H@did