Firli Melenggang Bebas Usai diperiksa Penyidik Polri

Jakarta, sinarindonesia.id– Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, masih bisa melenggang bebas, usai menjalani pemeriksaannya sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Firli menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, kurang lebih 10 jam dimulai pukul 09.00 WIB.

“Mohon maaf kepada rekan-rekan, saya tadi hadir lebih awal, karena saya ingin menyiapkan apa yang harus saya berikan kepada penyidik, dalam rangka memberikan keterangan saya hari ini, saya memberikan keterangan sampai malam hari ini,” kata Firli Bahuri kepada awak media, Jumat (1 Desember 2023).

Usai memberikan keterangan, Firli melenggang bebas dikawal ketat oleh sejumlah orang termasuk kepolisian hingga menaiki mobilnya.

Hingga kini, belum ada penjelasan resmi dari pihak kepolisian soal tidak ditahannya Firli Bahuri setelah diperiksa sebagai tersangka.

Diketahui, Polda Metro Jaya telah menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Firli sendiri dijerat Pasal 12e atau Pasal 12B atau Pasal 11 UU 31/1999 yang telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Perubahan UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 KUHP.

“Menetapkan Saudara FB (Firli Bahuri) selaku ketua KPK RI sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Kamis (23 November 2023) dini hari. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *