Gaduh Hasil Quick Count KPU Lampung Minta Peserta Pemilu Dan Masyarakat Tunggu Hasil Real Count

Bandar Lampung, sinarindonesia.id –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menilai Hasil hitung cepat atau Quick Count yang dilakukan oleh lembaga survei di Lampung telah menimbulkan kegaduhan di kalangan peserta Pemilu dan juga masyarakat. Karena itu, KPU meminta peserta Pemilu dan masyarakat untuk menunggu hasil Real Count yang dilakukan oleh KPU secara berjenjang.

“Hasil quick count lembaga survei menimbulkan kegaduhan, karena datanya masuknya juga belum jelas dan lengkap tapi sudah di-update,” kata Anggota KPU Lampung Antonius Cahyalana, Kamis 15 Februari 2024.

Menurut Anton, data yang digunakan oleh lembaga survei masih belum jelas, karena memiliki Margin of errornya sangat tinggi mencaoai 4,35 persen. “Dengan margin of error setinggi itu, berbahaya sekali kalau nanti ada caleg yang tidak masuk dalam quick count, dan dia menang, nanti dianggap ada permainan-permainan,” ujarnya.

Anton mengungkapkan, saat ini peserta pemilu menjadi gaduh, sehingga pihaknya mengimbau kepada peserta pemilu, kepada masyarakat agar menunggu hasil resmi yang akan dikeluarkan oleh KPU sebagai rujukan utama. “Ini harus diluruskan, kalau tidak akan berbahaya bagi institusi KPU,” ujarnya.

Diketahui, di Provinsi Lampung lembaga Survei Rakata melakukan hitung cepat perolehan suara Pemilu 2024, mulai dari Pilpres, Pileg DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Lampung. Hasilnya hingga saat ini, telah dirilis hasil hitung cepat Pilpres, DPRD Lampung Dapil 1 dan 3 yang diklaim sudah masuk data 100 persen. (red/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *