Gugatan Keabsahan Status Tersangka Syahrul Yasin Limpo ditolak Pengadilan Negeri

Jakarta, sinarindonesia.id- Gugatan keabsahan penetapan Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka korupsi, ditolak Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

“Mengadili, dalam pokok perkara menolak praperadilan pemohon,” kata hakim tunggal Alimin Ribut Sujono saat membacakan amar putusan di PN Jakarta Selatan, Selasa (14 November 2023).

Alimin menyatakan menolak gugatan praperadilan kader Partai Nasdem itu dengan alasan, penetapan tersangka SYL oleh KPK telah sesuai dengan prosedur dan sah menurut hukum yang berlaku.

Diketahui, KPK telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka pada Rabu, 11 Oktober 2023, atas dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian. Eks Gubernur Sulawesi Selatan itu, dijerat bersama dua pejabat Kementan lainnya yakni Direktur Mesin dan Alat Pertanian Muhammad Hatta (MH) dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono (KS)

“Perkara dugaan tindak pidana korupsi bersama-sama menyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa memberikan sesuatu (setoran) untuk proses lelang jabatan, termasuk ikut serta (markup) dalam pengadaan barang dan jasa disertai penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian,” kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (11 Oktober 2023).

Dijelaskannya, modus yang dilakukan SYL dalam melakukan korupsi adalah dengan membuat kebijakan personal untuk karyawannya yang menduduki posisi pejabat teras seperti eselon 1 dan eselon 2. Kebijakan itu berupa kewajiban setoran kepada Menteri (SYL). Uang yang terkumpul diduga mencapai Rp 13,9 miliar.

“Atas arahan SYL, KS dan MH memerintahkan bawahannya untuk mengumpulkan uang dilingkup para Direktur Jenderal, Kepala Badan hingga Sekretaris di masing-masing eselon 1 dengan besaran mulai dari USD 4.000 hingga USD 10.000,” kata Johanis.

SYL, dijerat dengan pasal pencucian uang. Dia diduga menggunakan hasil korupsi itu untuk keperluan pribadi dan keluarga. Termasuk untuk pembayaran kredit mobil Toyota Alphard hingga perawatan wajah bagi keluarga SYL.

Dari putusan tersebut, SYL kemudian mengajukan gugatan praperadilan melawan KPK terkait kasus yang menimpanya. Gugatan itu dilayangkan ke PN Jakarta selatan pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto mengatakan, gugatan Syahrul Yasin Limpo itu terkait keabsahan penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Benar, pemohon Syahrul Yasin Limpo, termohon Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Djuyamto dikonfirmasi Tempo, Rabu 11 Oktober 2023.

Djuyamto mengatakan, gugatan praperadilan itu didaftarkan Syahrul Yasin Limpo melalui kuasa hukumnya Dodi S Abdulkadir dan kawan-kawan dengan nomor registrasi perkara 114/Pid.Pra/2023/PN JKT.SEL. “(Materi perkara) Sah atau tidaknya penetapan tersangka,” tutur Djuyamto.(Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *