Gunung Dukono Berguncang Melontarkan Abu Vulkanik

Halmahera, sinarindonesia.id– Gunung Dukono di Maluku Utara, dikabarkan kembali berguncang melontarkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 4.000 meter. Peristiwa tersebut sesuai laporan yang dilangsir Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan petugas Pos Pengamanan.

“Erupsi terjadi sekitar pukul 06.52 WIT,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono, Sarjan Roboke kepada awak media, Rabu (3 Januari 2024).

Pihaknya menjelaskan kolom abu tampak berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke barat daya. Ketika laporan itu dibuat erupsi masih berlangsung.

Petugas Pos Pengamanan mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Dukono untuk tidak beraktivitas, mendaki dan mendekati Kawah Malupang Warirang dalam radius tiga kilometer.

Ia juga meminta masyarakat untuk selalu menyediakan masker penutup hidung dan mulut guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

Sementara itu, bagi masyarakat atau penambang pasir juga diminta untuk tidak beraktivitas di sepanjang aliran Sungai Muye, Sungai Ruko dan Sungai Mede saat hujan turun. Hal itu sebagai Langkah untuk menghindari bahaya banjir lahar hujan. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *