Gunung Ibu Kembali Bergejolak Mengeluarkan Dentuman dan Erupsi

Halmahera, sinarindonesia.id– Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa Gunung Ibu di Halmahera, Maluku, kembali bergejolak mengeluarkan dentuman dan erupsi hebat.

Tinggi kolom letusan Gunung Ibu yang terjadi pada pukul 03.05 WIT itu, kali ini mencapai 6.000 Meter di atas puncak atau sekitar 7.325 Meter di atas permukaan laut.

Kolom abu erupsi, teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat.

“Letusan terjadi sekitar pukul 03.05 WIT. Tinggi kolom letusan dikisaran 6.000 Meter di atas puncak atau sekitar 7.325 di atas permukaan laut,” dikutip dari akun resmi PVMBG.

Akibat peristiwa tersebut, masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung dilarang beraktivitas dalam radius 4 Km dan perluasan sektoral berjarak 7 Km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif.

Saat terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Sementara, bagi masyarakat yang khawatir dengan kondisi Gunung Ibu tersebut diminta untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman dan sudah disiapkan pemerintah setempat. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *