Gunung Lewotobi Kembali Bergemuruh dan Eropsi hingga Hujan Debu

Flores Timur, sinarindonesia.id– Gunung Lewotobi Laki-laki, dikabarkan kembali bergemuruh mengeluarkan erupsi hujan abu hingga mengguyur separuh wilayah Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peristiwa itu, diketahui terjadi pukul 06.00 Wita. Sabtu (6 Januari 2024).

“Rumah, jalan, kebun, dan mobil warga terpapar abu vulkanik,” kata salah seorang warga Desa Wolorona, Matius, kepada awak media.

Diakuinya, ia bersama keluarga sempat kaget. Semalam suntuk mereka baru kembali tidur di rumah miliknya. Namun pagi harinya, pada subuh kembali terjadi erupsi dan hujan abu.

“Untuk saat ini sebagian warga terpaksa kembali mengungsi. Sebagian lainnya memilih mandiri atau tidur di rumah dalam keadaan gelap karena mati lampu,” ucapnya.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Anselmus Bobyson Lamanepa, mengatakan asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal tinggi 1000-1500 Meter dari puncak.

“Saat ini, kondisi cuaca berawan hingga mendung. Angin lemah ke arah barat daya dan barat,” katanya.

Ditambahkannya, saat ini telah terjadi tiga kali gempa embusan dengan amplitudo 7.4-14 mm dan lama gempa 9-14 detik.

Selain itu, juga terjadi enam kali gempa vulkanik dangkal, 11 kali gempa vulkanik dalam, satu kali tektonik, dan satu kali tremor terus-menerus.

Akibat kejadian itu, masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki – laki dan pengunjung atau wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *