Gunung Lewotobi Kembali Meletus Penutupan Bandara diperpanjang

Flores Timur, sinarindonesia.id– Gunung Lewotobi Laki-Laki, dikabarkan kembali meletus pada pukul 06.25 Wita, Kamis (11 Januari 2024). Tinggi kolom letusan dari puncak gunung api itu mencapai 700 Meter.

“Kolom abu teramati berwarna putih, kelabu, hingga cokelat dengan intensitas tebal,” kata Ketua Pos Pemantau Gunung Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef, melalui siaran pers, Kamis (11 Januari 2024).

Dijelaskannya, saat ini Gunung Lewotobi Laki-laki, masih berstatus level IV atau awas.

Abu vulkanik yang dikeluarkan, terbang ke sebelah utara Gunung Lewotobi Laki-laki. Pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar gunung tidak berkegiatan dalam radius 4-5 kilometer.

Informasi yang dihimpun dari posko Konga, Kecamatan Titehena, tampak kolom abu vulkanik membumbung tinggi ke langit. Abu vulkanik tampak mengotori sejumlah jalan dan atap rumah penduduk. Suara gemuruh seperti pesawat sesekali terdengar.

Akibat peristiwa tersebut, aktivitas di Bandara Gewayantana, Larantuka, Flores Timur, terpaksa ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Ini hari kedua bandara closed karena alasan keselamatan penerbangan,” kata Kepala Kantor UPBU Kelas III Gewayantana, Puguh Lukito.

Dengan ditutupnya aktivitas bandara, diakui Puguh mengakibatkan 92 penumpang gagal terbang. Mereka semula dijadwalkan terbang dari Larantuka-Kupang maupun sebaliknya. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *