Gunung Ruang Meletus Ratusan Warga Dievakuasi

Sulawesi Utara, sinarindonesia.id– Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, dikabarkan meletus pada pukul 19.19 Wita, Selasa (16 April 2024).

Meningkatnya aktivitas Gunung Ruang tersebut membuat otoritas setempat mengevakuasi sekitar 838 warga yang bermukim di Pulau Ruang.

Ratusan warga itu dievakuasi ke Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, atau tempat yang dinyatakan relatif aman dari bahaya semburan lava Gunung api tersebut.

“Selain petugas, sebagian warga dilaporkan telah melakukan evakuasi mandiri sejak sore hari. Kami sudah memberikan imbauan,” kata Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku Juliana DJ Rumambi.

Dijelaskannya, mayoritas warga yang dievakuasi berasal dari dalam Kawasan Rawan Bencana Gunung Api (KRB) atau Gunung Ruang.

“Saat ini ada dua desa yang dihuni warga, yakni Desa Pumpente sebanyak 332 jiwa dan Desa Laimpatehi sebanyak 506 jiwa masuk dalam KRB,” ungkpanya.

Sesuai pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara meletus pada Selasa (16 April 2024) malam.

“Tipe letusan gunung di Pulau Ruang tersebut adalah efusif. Menurutnya, sejauh ini belum teramati dengan jelas ke mana alur aliran lava yang berhulu dari puncak Gunung Ruang tersebut,” pungkasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, PVMBG telah mengeluarkan beberapa imbauan yang perlu dipatuhi warga sekitar Gunung Ruang seperti larangan memasuki wilayah radius empat kilometer dari pusat kawah aktif.

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang juga diminta untuk tetap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi serta tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *