Gunung Semeru Kembali Erupsi Mengeluarkan Letusan disertai Awan Panas

Lumajang, sinarindonesia.id– Letusan disertai awan panas guguran (APG), dikabarkan kembali terjadi di Lumajang, Jawa Timur, setelah Gunung Semeru mengeluarkan erupsi. Tinggi kolom abu teramati Seribu Meter di atas puncak atau permukaan laut.

“Erupsi gunung semeru, terkadi pada tanggal 25 Desember 2023 sekitar pukul 05:12 wib, dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.000 M di atas puncak (Kurang Lebih 4.676 M di atas permukaan laut),” kata petugas piket Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, Sigit Rian Alfian, Senin (25 Desember 2023).

Dijelaskannya, Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 MM dan durasi kurang lebih 4 menit 8 detik.

Diungkapkan Sigit, bahwa letusan disertai awan panas dengan jarak luncur kurang lebih 3000 M ke arah tenggara.

“Hingga saat ini tingkat aktivitas Gunung Semeru masih berada pada status siaga atau level 3,” beber Sigit.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tenang dan selalu waspada serta mematuhi semua rekomendasi yang telah dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Dengan terjadinya peristiwa tersebut masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 KM dari puncak (pusat erupsi),” tegas Sigit. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *