Harga Cabai Tak Terkendali Tembus Rp 300 Ribu Per Kilogram

Harga Cabai Meroket

Daerah, Global, Headline287 Dilihat

Sulawesi Tenggara, Sinarindonesia.id – Kenaikan harga jual cabai di pasar tradisional di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, saat ini seakan tidak terkendali. Harga yang semula hanya Rp 15 ribu per Kilogram kini tembus hingga Rp 300 ribu perkilogramnya. Sejak awal bulan Oktober ini, harga cabai sudah mulai mengalami kenaikan dari harga Rp 15 ribu – Rp 30 ribu per Kilogram untuk cabe kristal dan cabai rawit, kini naik hingga Rp 100 ribu per Kilogram.

Kenaikan harga paling tinggi terjadi pada cabai padi yang mengalami kenaikan dari harga Rp 70 ribu per Kilogram, kini naik Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu per Kilogramnya, namun cabe jenis padi ini kini sangat langka di pasaran.

“Kenaikan terjadi sejak di awal oktober, naiknya tinggi sekali dan barangnya susah didapat, biasanya kami ambil cabai dari Lapandewa tapi sekarang sudah tidak ada karena tanamannya mati semua karena kekeringan,” ujar usman, salah seorang pedagang, Minggu (29/10/2023).

Besar kemungkinan, kenaikan harga cabai akan terus bertahan hingga berakhirnya musim kemarau. Para pedagang berharap pemerintah setempat dapat mencarikan solusi agar harga cabe dapat kembali normal dan daya beli masyarakat juga kembali normal, katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *