Hari ini: KPK Bahas Pendampingan Hukum Untuk Firli Bahuri

Jakarta, sinarindonesia.id– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini dijadwalkan akan membahas kepastian pendampingan hukum untuk Ketua KPK Non aktif Firli Bahuri.

“Pembahasan mengenai materi apakah kami akan memberikan bantuan hukum kepada Pak Firli pada fase pemberhentian sementara ini, itu belum sempat dibahas. Besok kami agendakan untuk menyikapinya,” kata Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango, di Jakarta, Senin (27 November 2023) petang.

Dijelaskannya, banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Persoalan itu disebabkan karena di tubuh lembaga antirasuah menganut prinsip zero tolerance terhadap korupsi.

“Harus mempertimbangkan banyak hal karena kita punya komitmen bahwa lembaga ini lembaga yang harus zero tolerance daripada isu korupsi. Itu akan menjadi bagian pertimbangan kami apakah akan melakukan pendampingan atau tidak,” ujarnya.

Diketahui, Firli telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi termasuk pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Penyidik menggunakan Pasal 12 huruf e, Pasal 11 atau Pasal 12 B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 65 ayat 1 KUHP. Firli terancam pidana penjara seumur hidup.

Polda Metro Jaya, pekan ini dijadwalkan akan melakukan pemeriksaan terhadap Firli sebagai tersangka. Selain itu, tim penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap empat pimpinan KPK lain.

Dalam perkara ini, Firli melalui tim kuasa hukumnya Ian Iskandar dan kawan-kawan telah mendaftarkan Praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, mempertanyakan proses penegakan hukum yang dikerjakan Polda Metro Jaya.

Praperadilan yang dimaksud, akan diadili hakim tunggal Imelda Herawati. Sidang perdana akan digelar pekan ke dua bulan Desember 2023. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *