IM57+: Penyataan Mahfud MD Tentang KPK Merupakan Tuduhan Serius

Jakarta, sinarindonesia.id– Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, tentang operasi tangkap tangan (OTT) tidak disertai bukti, memanas dikalangan pemerhati hukum termasuk IM57+.

IM57+ Institute merespons pernyataan tersebut. Menurutnya apa yang disampaikan Mahfud MD itu merupakan hal biasa karena orang tersebut memiliki posisi yang sama dengan orang-orang yang menginisiasi revisi UU KPK pada tahun 2019.

“Narasi yang disampaikan tidak berbeda dengan berbagai pihak yang menginisiasi dan mendukung revisi UU KPK, ” kata Ketua IM57+ Institute Praswad Nugraha, dalam rilis tertulisnya, Sabtu (9 Desember 2023).

Dijelaskannya, pernyataan yang muncul dari Mahfud yang juga cawapres nomor urut 3 itu tidak menggambarkan komitmen dan inisiatif menguatkan KPK.

“Komitmen Mahfud dalam inisitaif penguatan KPK bisa dipertanyakan bila pernyataan sejak awal saja sudah seperti ini. Kami juga jadi semakin mempertanyakan komitmen Mahfud dalam upaya penguatan pemberantasan korupsi di Indonesia,” katanya.

Dia menilai, pernyataan Mahfud Md tidak berdasar. Sebab, ia mengatakan kasus-kasus OTT KPK telah teruji sehingga bisa mendapatkan cukup bukti, terlihat pada saat proses peradilan dan praperadilan.

“Kami sendiri sebagai mantan penyelidik dan penyidik mengetahui bagaimana standar yang harus diimplementasikan saat OTT harus dilakukan,” ungkapnya.

Menurut Praswad, pernyataan Mahfud Md merupakan tuduhan yang sangat serius dan menciderai KPK. Apa yang disampaikan Mahfud Md, kata dia, menggiring opini publik dalam menilai kinerja penyidik. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *