Istana Persilahkan 4 Menteri Hadir di Sidang Sengketa Pilpres

Jakarta, sinarindonesia.id– Menteri Keuangan Sri Mulyani dan tiga menteri lainnya, dipersilahkan Istana untuk menghadiri dan bersaksi sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Untuk hal tersebut, MK berhak memanggil siapa pun yang dinilai keterangannya dibutuhkan.

“Tidak ada masalah, jadi silakan para menteri terkait nanti memberikan keterangan sebagaimana dibutuhkan MK,” kata Staf Khusus Presiden Dini Purwono, kepada media, Selasa (2 April 2024).

Dijelaskannya, pemerintah tidak menyiapkan tim khusus untuk mendampingi para menteri di sidang MK. Pemerintah juga tidak menyediakan jawaban khusus yang harus disampaikan para menteri.

“Jadi dalam hal ini tidak ada interpensi. Sekali lagi Pemerintah bukan pihak dalam perkara ini,” ungkapnya.

Menurut Dini, pemerintah bukan pihak dalam sidang sengketa Pilpres 2024. Sri Mulyani dan tiga Menteri lainnya hadir sebagai individu.

“Mereka hadir sebagai individu yang dimintai keterangan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Empat menteri dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dijadwalkan akan dipanggil Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 pada Jumat 5 April 2024 mendatang. Empat Menteri yang dimaksud sesuai permohonan kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, yakni Muhadjir Effendy, Airlangga Hartarto, Sri Mulyani dan Tri Rismaharini.

“Rencananya, Jum’at akan dicadangkan untuk pemanggilan pihak-pihak yang dipandang perlu oleh Mahkamah Konstitusi berdasarkan hasil rapat yang mulia para hakim tadi pagi,” kata Ketua MK Suhartoyo dalam persidangan, Senin (1 April 2024). (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *