Jembatan Kawanua Putus Diterjang Banjir, Akses Jalan Lumpuh Akibat Longsor

Maluku Tengah, sinarindonesia.id– Jembatan Kawanua, Desa Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, dikabarkan putus diterjang banjir.

Antrian kendaraan, terpantau mengular di ujung jembatan karena terjebak peristiwa longsor akibat amblesnya badan jalan.

Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tengah Nova Anakota, mengatakan banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah pegunungan pulau seram sejak Rabu (22 Mei 2024) sore.

“Karena tingginya intensitas hujan, mengakibatkan kondisi jalan longsor dan berlubang besar usai diterjang banjir,” kata Nova, kepada media, Kamis (23 Mei 2024).

Dijelaskannya, saat ini petugas BPBD dan petugas Dinas PU Maluku Tengah dikerahkan ke lokasi.

“Dari lokasi kejadian dlaporkan bahwa kondisi jalan longsor dan berlubang hingga mengakibatkan jalan belum bisa dilewati kendaraan,” ungkapnya.

Adapun jalan titik longsor dari bencana tersebut terletak di bagian selatan atau bentangan pertama dari arah Tehoru.

“Polisi yang mendatangi lokasi, dikabarkan telah memasang garis polisi dan mengatur arus lalu lintas yang sempat mengular,” ucapnya.

Akibat kejadian itu, kata Novi, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Balai Jalan dan Sungai Maluku untuk mlakukan perbaikan jembatan.

“Jembatan itu merupakan jembatan terpanjang di daerah tersebut dengan ukuran 200 Meter dan terletak di pulau seram, maluku tengah,” ujarnya.

Untuk situasi di lokasi saat ini, ungkap Novi, masih terkendala jaringan akibat wilayah sekitar masih terkepung kabut tebal dan hujan deras.

“Karena situasi tersebut, pengemudi angkutan umu dari tiga kabupaten di Maluku untuk mengurungkan niat dan tidak menerobos banjir atau melewati jembatan demi keselamatan,” pungkasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, sejumlah kendaraan yang terjebak perlahan berhasil dikosongkan dari lokasi longsor dan putusnya jembatan. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *