Jenderal Agus Subiyanto diminta Mampu Menjaga Netralitas TNI di Pemilu

Headline, Nasional336 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto, dijadwalkan akan dilantik Presiden Joko Widodo, hari ini Rabu (22 November 2023). Pelantikan tersebut dilaksanakan, sesuai keputusan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

“Seluruh anggota Dewan yang hadir dipersidangan menjawab setuju. Dengan begitu, maka Agus Subiyanto resmi terpilih menjadi Panglima TNI baru, menggantikan Yudo Margono yang purnabakti pada tanggal 26 November 2023,” Kata Ketua DPR RI Puan Maharani,”

Setelah mendapat persetujuan, pimpinan DPR RI lantas menyampaikan ucapan selamat dan melangsungkan sesi foto bersama dengan Agus Subiyanto yang turut hadir dalam rapat paripurna itu. Selain Puan, tampak hadir juga para wakil ketua DPR RI, yakni Rachmat Gobel, Lodewijk F. Paulus, dan Sufmi Dasco Ahmad.

Kepada media, Puan memberikan pesan untuk Agus Subiyanto. Politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyinggung soal netralitas aparat TNI menjelang Pemilu 2024.

“Kami berharap dengan adanya pergantian Panglima TNI yang baru bisa menjaga netralitas tersebut,” ucap Puan dalam konferensi pers di Nusantara II, Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa, (21 November 2023).

Menurut Puan, tuntutan netralitas TNI tak lepas dari keberadaan fungsi TNI itu sendiri. Selain itu, Puan juga menyebutkan bahwa persoalan netralitas ini berlaku untuk seluruh aparat penegak hukum yang ada di Indonesia, bukan hanya TNI. Dia berharap keberadaan TNI mampu memberikan bantuan untuk pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 yang damai.

“Mari kita jaga bersama agar pemilu berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Puan.(Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *